RPP & Silabus

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN (RPP)

NAMA SEKOLAH               : SMA
MATA PELAJARAN          : BAHASA INGGRIS
KELAS / SEMESTER         : X / II
JENIS TEKS                         : DESCRIBING PEOPLE
SKILL                                     : WRITTING
ALOKASI WAKTU             : 1 X 45 menit

STANDAR KOMPETENSI  
 12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk   narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari.

KOMPETENSI DASAR :
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk descriptive

INDIKATOR :
·         Mengidentifikasi kalimat simple present dengan benar
·         Menulis kalimat dengan linking verb berdasarkan gambar
·         Menulis kalimat dengan compound adjective dan qualitative adjective untuk mendiskripsikan teman
·         Memproduksi paragraf  utuh tentang mendiskripsikan orang berdasarkan gambar

TUJUAN PEMBELAJARAN :
·         Siswa mampu mengidentifikasi kalimat simple present dengan benar
·         Siswa mampu menulis kalimat dengan linking verb berdasarkan gambar
·         Siswa mampu menulis kalimat dengan compound adjective dan qualitative adjective untuk mendescripsakan teman
·         Siswa mampu memproduksi paragraf  utuh tentang mendeskripsikan orang berdasarkan gambar


MATERI PEMBELAJARAN :
A.     Simple present
Pettern :
( + ) S + AUXILIARY + COMPLEMENT ( adj , noun , adv )
( - ) S + AUXILIARY+ NOT + COMPLEMENT ( adj , noun , adv )
( ? ) AUXILIARY + S + COMPLEMENT ( adj , noun , adv ) ?
E.g :
·        You are handsome
·        I have pointed nose
·        She has blue eyes

B.     Linking verb
A linking verb connecta a noun or pronoun with words that identify or describe the noun or pronoun.
Many linking verbs are forms of the verb be
E.g :  I am a student, You are strong, She is on the hill, The books were on the table.
             Beside to be, there are other linking verbs

C.     Pay attention to these sentences:
·         I   call   my rabbit   Browny
S    V          O             Proper noun

·         I  consider   my cockatoo   to be one of the most wonderful species of birds
S     V                      O                                 Proper noun

Note : proper noun is the sentence that has specific meaning


D.    Compound adjectives
For hair : brownish-black hair, pitched-black hair, wavy-hair, blonde-hair
For eyes : bright-eyed, cross-eyed, far-sighted, near-sighted, almond-shaped eyes
For legs : long-legged, style-footed, knock-kneed

E.     Qualitative adjectives
Diligent, lazy, friendly, easy-going, stingy, reliable, untidy, emotional


MODEL/ METODE PEMBELAJARAN     : EEK (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi) dan game inside-outside-circle
LANGKAH  PEMBELAJARAN   :
1.      Kegiatan  Pendahuluan
·         Memberi salam dan menyiapkan media yang dipakai
·         Mengecek kehadiran siswa
·         Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari.
·         Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang berkaitan dengan tema.
2.      Kegiatan  Inti
&  Eksplorasi
Dalam  kegiatan eksplorasi, guru :
F Siswa diperkenalkan kalimat simple present dengan  mengidentifikasi beberapa contoh  kalimat dengan  benar
F  Siswa membuat kalimat linking verb yang berpola S + V + O + Proper noun dan compound adjective berdasarkan gambar
F Siswa membuat kalimat dengan compound adjective dan qualitative adjective untuk mendiskripsikan teman
& Elaborasi
Dalam  kegiatan elaborasi, guru :
F Memandu siswa mengambangkan ide untuk menulis teks deskriptive dengan paragraf utuh berdasarkan gambar yang disediakan
F Siswa diberi petunjuk game inside-outside-circle :
& Konfirmasi
Di dalam konfirmasi, guru :
F Siswa diminta mengumpulkan pekerjaannya
3.      Kegiatan Penutup
·         Guru mengecek keberhasilan siswa dengan memberikan pertanyaan – pertanyaan oral seputar describing people
·         Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa agar mereka termotivasi


SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Buku English Zone for senior high school year X. Erlangga, 2010
2.      Buku English Learning for year X 2nd semester.CV. Utomo

PENILAIAN
Bentuk                                    : Tes Tulis
Instrument                               : Write a descriptive text about describing people
Criteria Penilaian         :
NO.
ASPEK YANG DINILAI
SKOR
1.
Grammar dan vocabulary (Leksikogramatika )
ü  Menggunakan tata bahasa yang benar dan kosa kata yang tepat
ü  Menggunakan tata bahasa dan kosa kata yang terkadang kurang tepat, tetapi tidak mempengaruhi makna
ü  Menggunakan tata bahasa dan kosa kata yang kurang tepat dan mempengaruhi makna
ü  Tata bahasa dan kosa kata yang sulit/tidak dapat dimengerti
ü  Tulisan tidak berkembang

21 – 25
16 – 20

11 – 15

 6 – 10
  1 – 5
2.

Manajemen wacana genre
ü  Menggunakan structur wacana yang tepat
ü  Menggunakan structur wacana yang kurang tepat
ü  Menggunakan struktur wacana yang rance
ü  Tulisan tidak berstruktur
ü  Menulis kata-kata secara acak, hamper tidak bermakna

21 – 25
16 – 20
11 – 15
 6 – 10
  1 – 5
3.
Kejelasan makna
ü  Mengungkapkan berbagai makna secara jelas dan efektif
ü  Mengungkapkan berbagai makna secara jelas
ü  Mengungkapkan makna, tetapi sesekali kurang jelas
ü  Mengungkapkan makna, tetapi sulit dipahami
ü  Menulis secara acak, makna hilang

21 – 25
16 – 20
11 – 15
 6 – 10
  1 – 5
4.
Hubungan antar gagasan
ü  Menunjukkan kelancaran hubungan antar gagasan
ü  Menunjukkan transisi hubungan antar gagasan
ü  Hubungan antar gagasan kurang jelas
ü  Hubungan antar gagasan kacau
ü  Gagal merealisasikan gagasan

21 – 25
16 – 20
11 – 15
 6 – 10
  1 – 5

J u m l a h  s k o r  m a k s I m a l
  100
CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


   
                                                                                                            Kediri, June 1st, 2013
                        Pembimbing                                                                           Teacher


                        Sulistyani, M.Pd                                                         Ludfiatul Nur Azizah




Tidak ada komentar:

Posting Komentar