RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA
SEKOLAH :
SMA
MATA
PELAJARAN :
BAHASA INGGRIS
KELAS
/ SEMESTER : X / II
JENIS
TEKS : DESCRIBING PEOPLE
SKILL
: WRITTING
ALOKASI
WAKTU :
1 X 45 menit
STANDAR KOMPETENSI
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek
dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI DASAR :
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei
sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk descriptive
INDIKATOR :
·
Mengidentifikasi kalimat simple present dengan benar
·
Menulis
kalimat dengan linking verb berdasarkan gambar
·
Menulis
kalimat dengan compound adjective dan qualitative adjective untuk
mendiskripsikan teman
·
Memproduksi
paragraf utuh tentang mendiskripsikan orang berdasarkan
gambar
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
·
Siswa mampu mengidentifikasi kalimat
simple present dengan benar
·
Siswa mampu menulis kalimat dengan
linking verb berdasarkan gambar
·
Siswa mampu menulis kalimat dengan
compound adjective dan qualitative adjective untuk mendescripsakan teman
·
Siswa mampu memproduksi paragraf utuh tentang mendeskripsikan orang berdasarkan
gambar
MATERI
PEMBELAJARAN :
A. Simple present
Pettern
:
(
+ ) S + AUXILIARY
+ COMPLEMENT ( adj , noun , adv )
(
- ) S + AUXILIARY+
NOT + COMPLEMENT ( adj , noun , adv )
(
? ) AUXILIARY +
S + COMPLEMENT ( adj , noun , adv ) ?
E.g
:
·
You are handsome
·
I have pointed nose
·
She has blue eyes
B. Linking verb
A
linking verb connecta a noun or pronoun with words that identify or describe
the noun or pronoun.
Many
linking verbs are forms of the verb be
E.g
: I am
a student, You are strong, She is on the hill, The books were on the table.
Beside to be, there are other
linking verbs
C.
Pay attention to these sentences:
·
I call
my rabbit Browny
S
V O Proper noun
·
I
consider
my cockatoo to be one
of the most wonderful species of birds
S
V O Proper noun
Note
: proper noun is the sentence that has specific meaning
D.
Compound
adjectives
For hair : brownish-black hair,
pitched-black hair, wavy-hair, blonde-hair
For eyes : bright-eyed, cross-eyed,
far-sighted, near-sighted, almond-shaped eyes
For legs : long-legged, style-footed,
knock-kneed
E. Qualitative adjectives
Diligent, lazy, friendly, easy-going,
stingy, reliable, untidy, emotional
MODEL/ METODE PEMBELAJARAN :
EEK (Eksplorasi, Elaborasi,
Konfirmasi) dan game inside-outside-circle
LANGKAH PEMBELAJARAN :
1.
Kegiatan Pendahuluan
·
Memberi
salam dan menyiapkan media yang dipakai
·
Mengecek
kehadiran siswa
·
Guru
mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang
dipelajari.
·
Guru
dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang berkaitan dengan tema.
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru :
F Siswa diperkenalkan kalimat simple present dengan mengidentifikasi beberapa contoh kalimat dengan benar
F Siswa membuat
kalimat linking verb yang berpola S + V + O + Proper noun dan compound
adjective berdasarkan gambar
F Siswa membuat kalimat dengan compound adjective dan
qualitative adjective untuk mendiskripsikan teman
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru :
F Memandu siswa mengambangkan ide untuk menulis teks
deskriptive dengan paragraf utuh berdasarkan gambar yang disediakan
F Siswa diberi petunjuk game inside-outside-circle :
& Konfirmasi
Di dalam konfirmasi, guru :
F Siswa diminta mengumpulkan pekerjaannya
3.
Kegiatan
Penutup
·
Guru
mengecek keberhasilan siswa dengan memberikan pertanyaan – pertanyaan oral
seputar describing people
·
Guru
memberikan komentar dengan mengucapkan well
done, good job, atau very good pada siswa agar mereka termotivasi
SUMBER
PEMBELAJARAN
1.
Buku English Zone for senior high school year X. Erlangga, 2010
2.
Buku
English
Learning for year X 2nd semester.CV. Utomo
PENILAIAN
Bentuk
: Tes
Tulis
Instrument : Write a
descriptive text about describing people
Criteria
Penilaian :
NO.
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
SKOR
|
1.
|
Grammar
dan vocabulary (Leksikogramatika )
ü Menggunakan
tata bahasa yang benar dan kosa kata yang tepat
ü Menggunakan
tata bahasa dan kosa kata yang terkadang kurang tepat, tetapi tidak
mempengaruhi makna
ü Menggunakan
tata bahasa dan kosa kata yang kurang tepat dan mempengaruhi makna
ü Tata bahasa
dan kosa kata yang sulit/tidak dapat dimengerti
ü Tulisan tidak berkembang
|
21
– 25
16
– 20
11
– 15
6 – 10
1 – 5
|
2.
|
Manajemen
wacana genre
ü Menggunakan
structur wacana yang tepat
ü Menggunakan
structur wacana yang kurang tepat
ü Menggunakan
struktur wacana yang rance
ü Tulisan tidak
berstruktur
ü Menulis
kata-kata secara acak, hamper tidak bermakna
|
21
– 25
16
– 20
11
– 15
6 – 10
1 – 5
|
3.
|
Kejelasan
makna
ü Mengungkapkan
berbagai makna secara jelas dan efektif
ü Mengungkapkan
berbagai makna secara jelas
ü Mengungkapkan
makna, tetapi sesekali kurang jelas
ü Mengungkapkan
makna, tetapi sulit dipahami
ü Menulis secara
acak, makna hilang
|
21
– 25
16
– 20
11
– 15
6 – 10
1 – 5
|
4.
|
Hubungan
antar gagasan
ü Menunjukkan
kelancaran hubungan antar gagasan
ü Menunjukkan
transisi hubungan antar gagasan
ü Hubungan antar
gagasan kurang jelas
ü Hubungan antar
gagasan kacau
ü Gagal
merealisasikan gagasan
|
21
– 25
16
– 20
11
– 15
6 – 10
1 – 5
|
|
J
u m l a h s k o r m a k s I m a l
|
100
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
Kediri, June 1st, 2013
Pembimbing Teacher
Sulistyani, M.Pd Ludfiatul Nur Azizah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar